oleh

Mengintip Geliat Pasar Malam Padang Panjang, Hiburan Merakyat yang Selalu Dinanti

PADANG PANJANG, (BM)– Dewasa ini, pasar malam sudah berevolusi dengan berbagai varian yang mengikuti perkembangan zaman. Pasar yang hadir menyuguhkan keramaian malam ini, hingga kini masih menjadi pilihan untuk ‘wisata merakyat’.

Ada pasar malam dengan keramaian yang ingar bingar, lengkap dengan arena permainan dan wisata belanja. Ada juga pasar malam yang hadir di tengah-tengah pemukiman warga, bahkan di gang sempit sekalipun.

Geliat pasar malam yang dilaksanakan di Lap. Kantin Padang Panjang, tampak ramai disesaki pengunjung.

Bagi masyarakat Sumbar umumnya, saat ini bisa menemukan pasar malam yang lengkap dengan arena bermain yang menyediakan bianglala, komidi putar dan berbagai wahana permainan lainnya di Kota Padang Panjang.

Pantauan batammedia.com di lokasi pelaksanaan pasar malam di Lapangan Kantin Padang Panjang, ratusan pengunjung tampak memadati lokasi itu setiap harinya. Suasananya benar-benar seperti pasar. Ada pedagang pakaian, mainan anak-anak, pedagang makanan ringan dan aneka jajanan khas pasar malam.

Ya, pasar malam dengan segala wahana seperti bianglala, komidi putar, lompat trampolin, tong setan, rumah hantu dan berbagai wahana permainannya itu, selama sebulan ini hadir di Lapangan Kantin Kota Padang Panjang. Persis di jantung kota, berdekatan dengan sentra pasar kuliner malam di Kota Serambi Mekkah.

Selain permainan, pihak pengelola juga menyediakan pojok edukasi bagi pengunjung anak-anak.

Kang Iwan, pengelola pasar malam di Padang Panjang mengatakan, setiap wahana permainan mematok harga tiket sebesar Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Tak hanya untuk anak-anak, beberapa objek dan wahana juga bisa dinikmati semua kalangan.

“Meski zaman sudah berkembang, antusias masyarakat terhadap pasar malam masih sangat besar. Selain murah meriah, pasar malam juga menjadi hiburan yang terbilang cukup merakyat,” ujar Kang Iwan.

Seperti pemandangan Kamis (4/7) malam, pengunjung tampak tumpah ruah memenuhi lokasi tersebut. Bahkan semakin malam, pasar ini justru makin disesaki pengunjung. Tidak hanya anak-anak, para remaja dan muda-mudi ikut menikmati wahana atau sekadar cuci mata sambil jalan-jalan.

Tong setan, menjadi salah satu wahana favorit yang paling diminati pengunjung.

Salah seorang pengunjung, Muthi (28) mengatakan, kehadiran pasar malam di lapangan terbuka di Padang Panjang, diakui cukup menghibur masyarakat, terutama anak sekolah yang sedang libur. Bagi Muthi, pasar malam adalah suguhan hiburan mewah bagi masyarakat kalangan bawah.

“Mewah, tapi murah meriah. Wahananya juga banyak, tersedia untuk berbagai kelompok usia. Pokoknya pasar malam sangat menghibur, kehadirannya selalu kami tunggu,” ujar pengunjung lainnya, Rhoby Hendra yang datang bersama anaknya, Rahmad.

Nah, bagi Anda masyarakat Padang Panjang, tunggu apalagi. Sebelum terlambat, siapkan diri dan segera boyong anak-anak beserta keluarga tercinta untuk mengunjungi pasar malam. Hiburan merakyat yang tak lekang oleh zaman ini, hanya menyisakan waktu hingga dua pekan ke depan. (**)

Komentar

Post Terkait