oleh

Yusri Latif: Teruslah Merawat Mimpi, Insya Allah Saya Akan Hadir Memberikan Solusi

PADANG, (BM)– Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir ke masyarakat dengan membawa program-program perbaikan ekonomi dan jaminan terhadap peningkatan kesejahteraan warga.

Adalah Yusri Latif, SH.I, caleg DPRD Kota Padang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dapil II, meliputi Pauh dan Kuranji. Entrepreneur muda yang sukses membangun bisnis di bidang tour & travel ini, adalah satu dari sebagian kecil caleg yang mencoba hadir untuk memberikan solusi dan jawaban atas berbagai persoalan yang berkaitan dengan pembangunan sektor ekonomi kerakyatan.

“Saya tumbuh dan besar di lingkungan pergaulan yang bergerak di sektor swasta, khususnya kewirausahaan. Kategori usaha kecil memang. Tapi dari sinilah saya ditempa dan bisa belajar tentang banyak hal. Seperti bagaimana untuk memulai, membangun dan mengembangkan sebuah usaha. Alhamdulillah dengan semangat perjuangan, tekun dan terpenting adalah kejujuran, saya bisa sampai di titik sekarang ini,” kata Latif, sapaan akrab anak muda berusia 34 tahun itu.

Dari titik nol, Latif berjuang membangun kerajaan bisnisnya di bidang tour travel dan pertransportasian.

Mengibaratkan Latif dengan dunia usaha, tak ubahnya seperti “kuah tertuang ke belanga”. Sudah tak diragukan lagi lekat dan makan tangannya. Siapa nyana, modal semangat dan keinginan besarnya untuk menjadi seorang pengusaha, terbuki telah berhasil mengantarkan mantan sopir angkot dan bus kota ini menjadi juragan bus pariwisata, lengkap dengan beberapa unit usaha yang ikut berkembang di bawah kendalinya.

Baca Juga  Komit Bangun Ekonomi Umat, Yusri Latif: Alhamdulillah, Kelompok Binaan Cantigi Institute Mulai Berproduksi

“Berhasil? Bagi saya belum sepenuhnya. Karena sukses dan keberhasilan seseorang, menurut saya tidak semata diukur dari hasil capaiannya saat ini. Melainkan sudah sejauh mana dan sudah seberapa besar andil dan manfaatnya ikut memberikan kemaslahatan terhadap sesama,” tandas Dirut PT. Cantigi Tours International ini.

Latif berkeyakinan, kita dan semua memiliki mimpi untuk berkehidupan yang lebih baik dan berkemajuan. Hal ini pulalah yang akhirnya memantapkan hati dan langkahnya untuk ikut berkontestasi pada Pemilu Legislatif 2019 ini. Dia memilih PPP, karena memang partai berlambang kabah itu sudah melekat dan bersedarah di dirinya, sejalan dengan komitmen dan visi misinya. Bukan sekadar ondong air ondong dedak, mencaleg orang mencaleg awak.

Latif bermimpi untuk bisa mewujudkan mimpi dari setiap mereka yang mempunyai mimpi.

“Saya, anda dan kita semua, pasti punya mimpi. Nah, melalui jalan juang, totalitas dan pengabdian di jalur politik inilah saya bermimpi agar setiap yang punya mimpi bisa terus merawat, membangun dan mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Mimpi besar inilah yang senantiasa memotivasi hidup dan setiap langkah perjuangan saya,” ujar Latif berkaca-kaca.

Apa yang menjadi mimpi Latif, sebenarnya bukan terlahir di masa-masa jelang memasuki tahun politik saja, terutama ketika dirinya resmi ditetapkan sebagai salah seorang kontestan Pilleg 2019. Namun sejak jauh hari sebelumnya, dia secara pribadi dan di perusahaan pada umumnya, secara rutin telah melaksanakan berbagai program sosial dan pemberdayaan masyarakat melalui pengalokasian dana CSR di perusahaan miliknya.

Baca Juga  Menulis Tentang Yusri Latif, Menulis Tentang Kesahajaan (1)

“Seperti halnya membantu mendorong peningkatkan perekonomian keluarga kurang mampu melalui bantuan permodalan dan pemberdayaan usaha skala kecil/ rumah tangga, kegiatan rutin memberikan santunan/ beasiswa anak yatim dan panti asuhan, pembinaan olahraga dan kepemudaan, serta menstimulasi lahirnya potensi-potensi ekonomi baru di tengah-tengah masyarakat, terutama kalangan remaja angkatan kerja dan ibu-ibu rumahtangga,” papar Latif.

Potensi Ekonomi dan Lapangan Kerja

Terkait poin terakhir (mendorong lahirnya potensi ekonomi baru), Latif mencontohkan satu dari beberapa kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kini tengah menjadi fokus arahan dibawah binaannya. Adalah produk usaha kecil rumahan dalam bentuk sabun cuci piring dan pewangi pakaian.

“Virus” ini bahkan telah ditularkannya ke banyak kelompok masyarakat di beberapa kelurahan di Kota Padang. Ya, tidak hanya sebatas di daerah pemilihannya semata. Selain membantu menggerakkan ekonomi keluarga, program ini diyakini Latif akan mampu membuka peluang dan kesempatan kerja.

Yusri Latif foto bersama ibu-ibu dan remaja putri saat bersosialisasi di Jalan Tunggang, Kel. Pasa Ambacang Kec. Pauh, Rabu (28/3).

“Insha Allah, melalui Cantigi Institute (lembaga sosial kemasyarakat yang didirikan Latif, red), yang di dalamnya telah tergabung beragam potensi lintas profesi, saya berkeinginan agar program-program yang telah ada ini, bisa menjadi dasar dan landasan untuk terus berinovasi, lebih ditingkatkan intensitasnya dan lebih diperluas lagi cakupannya. Sehingga bisa dilaksanakan secara merata, menyeluruh dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh banyak lapisan warga,” ujar Founder Cantigi Institute ini penuh optimisme.

Baca Juga  Menulis Tentang Yusri Latif, Menulis Tentang Kesahajaan (1)

Jika Allah SWT setuju dan masyarakat menumpangkan amanah di pundaknya, Latif berkomitmen akan memaksimalkan fungsi dan kewenangannya sebagai anggota DPRD, untuk lebih memprioritaskan keberpihakan kepada rakyat, kepada kepentingan rakyat. Baik dalam hal kebijakan penganggaran, maupun kebijakan legislasi yang berkaitan dengan peraturan perundang-undangan yang pro rakyat. Sehingga setiap program pembangunan, benar-benar akan menyentuh langsung pada hajat dan kepentingan rakyat.

Cantigi Institute didedikasikan khusus sebagai rumah kedaulatan rakyat.

“Bagi saya, jalur politik ini adalah jalan juang untuk memperluas ranah pengabdian, sebagai ladang amal untuk menebar sebanyak-banyak manfaat. Dan Cantigi Institute, adalah jembatan hati yang akan senantiasa menghubungkan rakyat dengan wakilnya. Insya Allah, kita akan tetap bersama-sama dalam program-program nyata, berkelanjutan, khidmat dan berkemaslahatan,” tandasnya.

Abdi Setiawan, tokoh muda Kota Padang, mengapresiasi majunya sosok muda ke ranah politik. Di mata Abdi Setiawan sendiri, sosok Yusri Latif adalah simbol dari keterwakilan kaum muda di kancah politik. “Dia (Yusri Latif) adalah potret anak muda yang layak jadi panutan. Perjalanan dan kisah suksesnya telah menginspirasi banyak orang, khususnya kaum muda,” ujar Abdi Setiawan. (ryn)

Komentar

Post Terkait